Cari Blog Ini

Rabu, 20 Juni 2012

Zaitun dan manfaatnya


ZAITUN DAN MANFAATNYA

Pohon Zaitun yang dikenal dengan nama Latinnya Olea Europaea adalah jenis tanaman berkayu keras yang banyak tumbuh di daerah beriklim panas dan kering di sekitar Laut Tengah khususnya banyak terdapat di Israel dan Palestina. Pohon itu tumbuh baik di tanah kapur yang berbatu-batu, yang terlalu kering bagi banyak tanaman lainnya, serta dapat bertahan melewati musim kering yang sering terjadi di sana. Pohon Zaitun lambat tumbuhnya dan membutuhkan sepuluh tahun atau lebih sebelum menghasilkan panenan yang bagus. Pohon Zaitun dapat mencapai umur yang luar biasa panjang, dapat menghasilkan buah selama ratusan tahun. Dan beberapa pohon Zaitun di wilayah Palestina diperkirakan telah berumur 1000 tahun lebih dan bahkan ada yang memperkirakan sampai 1500 tahun. Pohon ini tidak hanya hidup berabad-abad tetapi apabila pohon ini ditebang, dari pangkal dan akar-akarnya akan tumbuh 5-6 tunas baru yang berkembang menjadi batang-batang baru lagi. Apakah anda tertarik untuk membudidayakan pohon ini? Nilai ekonomisnya panjang sekali bisa untuk tujuh turunan.

Secara fisik pohon Zaitun dapat mencapai tinggi 6 meter atau lebih,batangnya yang keras dan berbonggol-bonggol dengan kulit kayu berwarna keabu-abuan. Pohon ini memiliki banyak sekali cabang  yang dipenuhi dengan daun-daun berwarna hijau keabu-abuan. Pohon ini berbuah sekali setahun, tetapi buah yang yang bagus dihasilkan sekali tiap dua tahun, artinya setelah buah yang bagus di tahun pertama akan disusul panenan yang kurang bagus pada tahun berikutnya dengan siklus silih berganti.



Pohon Zaitun berbunga sekitar bulan Mei dan panenan dimulai pada musim gugur sekitar bulan Oktober-November. Ketika berbunga pohon Zaitun akan diselimuti warna kuning pucat. Buah Zaitun berwarna hijau sewaktu muda dan berubah menjadi warna agak ungu tua atau hitam. Buahnya yang segar mengandung zat pahit yang disingkirkan dengan merendam buah Zaitun dalam larutan garam yang kemudian dimakan mentah atau dijadikan campuran salad. Buahnya mengandung kadar protein yang tinggi, kalsium, zat besi dan fosfat serta vitamin A dan B yang sangat dibutuhkan tubuh. Akan tetapi yang dianggap paling berharga adalah minyaknya yang membentuk 30 % atau lebih dari bobot buah segar. Satu pohon Zaitun yang sehat dan bagus dapat menghasilkan 38 hingga 57 liter minyak pertahun.

 Minyak Zaitun sangat bermanfaat untuk bahan makanan sebagai campuran salad. Zaitun kaya dengan vitamin E dan lemak tak jenuh, yang melindungi sel-sel dari radikal-radikal bebas yang berbahaya. Dalam banyak penelitian, bahwa mengonsumsi minyak zaitun bisa memberikan andil melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah, kenaikan tekanan darah, serta sakit diabetes dan obesitas. Di samping itu minyak zaitun juga berkhasiat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker.Berdasarkan Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition bahwa minum 1 sendok minyak Zaitun mapu mengurangi resiko serangan jantung sebanyak 28%Dan paling sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan kosmetik karena mengandung oleic acid yang dapat menghaluskan kulit, membantu mengurangi tampilan garis-garis halus. Asam lemak ini dapat mengenyalkan kulit dan melindungi elastin kulit dari kerusakan,sehingga diyakini dapat menjaga kulit agar tetap tampak awet muda. (Pustaka : it 2-IN photo Wikipedia, nabilmufti.wordpres.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar