Cari Blog Ini

Kamis, 21 Juni 2012


BUAH APRIKOT

Kenali Buahnya dan Dapatkan Manfaatnya
Buah ini mungkin tidak begitu populer di Indonesia, karena berasal dari negeri yang jauh sekali. Orang Eropa pada umumnya menganggap buah ini berasal dari negara  yang dulunya adalah bagian dari Uni Soviet yaitu Armenia. Karena itu buah yang berwarna merah keemasan ini dalam bahasa Latin disebut Prunus Armeniaca atau dikenal dengan “Plum Armenia”. Dewasa ini ada sekitar 50 jenis Aprikot yang tumbuh disana. Musim berbuah Aprikot umumnya dimulai dari pertengahan Juni hingga akhir Agustus.

 Jenis yang umum berukuran seperti sawo dengan daging buah yang tidak terlalu banyak mengandung air. Tekstur buahnya padat dengan rasa antara manis dan asam. Jenis yang lebih digemari memiliki rasa seperti buah Plum. Sebelum daun-daunnya bermunculan setelah berguguran, pohon Aprikot mengeluarkan bunga-bunga putih semerbak yang bisa menyerbuki diri sendiri.

Buah Aprikot segar sangat banyak khasiatnya karena kaya dengan beta-karoten dan vitamin C. Buah ini sering diperdagangkan dalam keadaan kering karena buah yang segar tidak bisa tahan lama. Dalam keadaan keringpun buah ini tetap mengandung banyak serat dan zat besi. Kandungan beta-karotennya dianggap  paling tinggi diantara buah-buahan lain. Carotenoids adalah antioksidan yang membantu pencegahan serangan jantung, mengurangi tingkat kolesterol jahat dan menangkis serangan penyakit kanker. Aprikot juga dapat digunakan sebagai pereda diare atau konstipasi. Hal itu disebabkan buah jingga ini memiliki kandungan fiber yang cukup tinggi.

Maka pada kesempatan lain jika anda makan buah aprikot dalam keadaan segar maupun buah yang sudah dikeringkan, rasakan enaknya buah ini dan dapatkan manfaatnya yang besar.
(Pustaka : Disadur dari Sedarlah 3,12 dan Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar